Minggu, 29 Januari 2012

pidato

PENYULUHAN NARKOBA

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat bapak camat singkep,yang terhormat bapak lurah dabo, dan juga para hadirin yang berbahagia. Tidak lupa saya mengucapkan syukur pada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, dan memberikan kenikmatan yang tak ternilai harganya yaitu kesehatan. Oleh karena itu kita dapat menghadiri acara ini. Atas kenikmatan yang diberikan-Nya saya syukuri dengan ucapan Alhamdulillahi Robbil Alamin.
Hadirin yang berbahagia,
Narkoba adalah salah satu penyakit masyarakat yang sangat berpengaruh bagi generasi penerus bangsa. Menurut penelitian Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2000, lebih dari tiga juta penduduk Indonesia adalah pengguna barang haram tersebut, dan sekitar 2/3 nya meninggal dunia karena overdosis. Zaman sekarang bisa hancur karena narkoba. Lingkungan sekolah adalah target utama para Bandar-bandar narkoba. Bisa jadi teman,sahabat, atau bahkan teman sebangku anda adalah pengguna narkoba. Jadi hati-hatilah bergaul !, kenali teman anda baik-baik, karena apabila anda salah bergaul, nyawa bisa jadi taruhannya.oleh karena itu anda tidak salah jika hadir di acara ini, karena saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba, akibat menggunakan narkoba, ciri-ciri orang ketagihan narkoba, dan bagaimana cara pencegahannya.
Hadirin yang berbahagia,
Narkoba dibagi menjadi 6 jenis yaitu :
1.    Heroin atau putaw => suntikan
2.    Ekstasi => berupa pil yang diminum
3.    Sabu-sabu => dibakar dan dihirup hasil pembakarannya
4.    Kokain => dihirup langsung
5.    Pil Koplo => berupa pil yang diminum
6.    Ganja => dihisap melalui rokok
Dan akibat-akibat menggunakan narkoba :
Merusak sel-sel otak dan menjadikan kita sering lupa, Merusak jantung, Merusak darah, Atau yang lebih fatal lagi yaitu kematian, yang disebabkan karena kelebihan dosis (overdosis)
Tanda-tanda orang ketagihan narkoba.

Fisik : kurus atau ceking, wajah tak berseri seperti kurang tidur, mata sayu.

Psiskis : malas bekerja, sering nongkrong, mudah tersinggung, jorok, tidak suka
mandi, malas ganti pakaian, sering menyendiri, tertawa sendiri / nangis sendiri.
Adapun cara pencegahan supaya kita tidak terjerumus ke dunia narkoba adalah sadar akan bahaya yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba, dan tahu undang-undang / peraturan yang diakibatkan pemakai / pengedar narkoba.
Penyuluhan ini diadakan untuk memperbaiki generasi bangsa agar tidak terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang. Karena narkoba membuat kita sengsara di dunia maupun di akhirat.
Saya berharap setelah anda mengikuti penyuluhan narkoba untuk masyarakat se-Kabupaten lingga, anda semua bisa sadar bahwa narkoba sangat-sangatlah berbahaya. Dan pesan saya adalah jangan sekali-sekali mencoba narkoba karena 80% pengguna narkoba, awalnya adalah coba-coba.
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar